UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BE RARGUMENTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DI KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH SOKARAJA

ARI WAHYUNI, (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BE RARGUMENTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DI KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH SOKARAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ARI WAHYUNI - COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARI WAHYUNI - BAB I.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARI WAHYUNI - BAB II.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
ARI WAHYUNI - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
ARI WAHYUNI - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
ARI WAHYUNI - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img]
Preview
Text
ARI WAHYUNI - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (527kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang peningkatan kemampuan berargumentasi siswa melalui mod el pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dilaksanakan pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Sokaraja pada semester genap tahun ajaran 2011-2012. Penelitian tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, tiap siklusnya terdiri atas perencanaan ( planning ), tindakan (acting ), pengamatan ( observing ) dan refleksi ( reflecting ). Hasil penelitian berupa hasil observasi kemampuan berargumentasi siswa dan hasil belajar siswa. Hasil kemampuan berargumentasi siswa ditunjukan dari indikator aktivitas kemampuan berargumentasi yaitu kemampuan bertanya siswa yang diamati pada siklus I, II dan III berturut-turut adalah 15%, 51%, 73%, kemampuan menjawab pertanyaan berturut-turut 21%, 54%, 90%, kemampuan menyampaikan pendapat berturut-turut 19%, 46%, 79%, kemampuan menyanggah pendapat berturut-turut 18%, 50%, 75%, kemampuan menjelaskan berturut-turut 15%, 48%, 74%, dan kemampuan mempresentasikan berturut-turut 18%, 51%, 80%. Meningkatnya kemampuan berargumentasi berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa ditunjukan dari nilai rata- rata posttest siswa. Nilai rata-rata posttest siklus I sebesar 49,56 dengan ketuntasan kelas 12%, Siklus II rata-rata 70,97 dengan ketuntasan 56% dan Siklus III rata-rata 83,09 dengan ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based learning) dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa pada mata pelajaran IPA materi biologi siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah Sokaraja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1. eguh Julianto, S.Pd., M.Si. 2. drh. Cahyono Purbomartono, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berargumentasi, Model Pembelajaran, Problem Based Learning dan Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 22 Dec 2017 01:02
Last Modified: 22 Dec 2017 01:02
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6352

Actions (login required)

View Item View Item