UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI AKTIVITAS EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL OUTDOOR ACTIVITY DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KRAMAT

ARIES SETIYADI, (2013) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI AKTIVITAS EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL OUTDOOR ACTIVITY DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KRAMAT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ARIES SETIYADI - COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARIES SETIYADI - BAB I.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARIES SETIYADI - BAB II.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
ARIES SETIYADI - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text
ARIES SETIYADI - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
ARIES SETIYADI - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
ARIES SETIYADI - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img]
Preview
Text
ARIES SETIYADI - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ARIES SETIYADI - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS siswa materi aktivitas ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam dengan menggunakan model pembelajaran outdoor activity , subyek penelitian adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kramat dengan jumlah siswa 26. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa. Untuk memperoleh data rasa ingin tahu siswa dalam penelitian ini menggunakan lembar skala sikap rasa ingin tahu. Hasil lembar skala sikap rasa ingin tahu siswa tersebut pada siklus I memperoleh jumlah skor 1086 diperoleh rata-rata 41 dengan presentase 83,53%, kriteria rasa ingin tahu baik dan pada siklus II memperoleh skor 1172 diperoleh rata-rata 45 dengan presentase 90,15%, rasa ingin tahu sangat baik, tapi meningkat dibandingkan siklus I. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I mendapatkan ketuntasan belajar 69,23%, dan pada siklus II mendapatkan ketuntasan belajar 88,46%, dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran outdoor activity dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kramat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: 1.Drs.Pamujo, M.M, M.Pd., 2. Drs. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Rasa ingin tahu, prestasi belajar, ips, outdoor activity
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 22 Dec 2017 00:32
Last Modified: 24 Sep 2019 02:47
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6351

Actions (login required)

View Item View Item