PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN ABCD KUNCUP MAS BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ALVIANTI, IDHA (2015) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN ABCD KUNCUP MAS BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
IDHA ALVIANTI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
IDHA ALVIANTI BAB I.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IDHA ALVIANTI BAB II.pdf

Download (762kB) | Preview
[img] Text
IDHA ALVIANTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text
IDHA ALVIANTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text
IDHA ALVIANTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img]
Preview
Text
IDHA ALVIANTI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
IDHA ALVIANTI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Bagian ABCD Kuncup Mas Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang di dalamnya mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Bagian ABCD Kuncup Mas Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah, dan siswa tunanetra yang berjumlah 5 (lima) siswa di Sekolah Luar Biasa Bagian ABCD Kuncup Mas Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivication. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) jenis media yang terdapat pada kelas tunanetra adalah media berdasarkan alat bantu pembelajaran, antara lain: papan Braille, Regglete dan Stilus, buku Braille, dan Al-qur’an Braille, (2) cara penggunaan media disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, dan melihat kondisi (kebutuhan) siswa dan (3) faktor pendukungnya yaitu keterampilan dan kreatifitas guru, ketepatan guru dalam menentukan media, dan keaktifan siswa, sedangkan (4) faktor penghambatnya yaitu belum ada buku pegangan dalam bentuk Braille untuk siswa, ketersediaan sarana yang belum lengkap, penguasaan siswa pada huruf Braille dan keterbatatasan waktu saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Ibnu Hasan, S. Ag., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Tunanetra;
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 21 Dec 2017 04:28
Last Modified: 21 Dec 2017 04:28
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6341

Actions (login required)

View Item View Item