PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 SOMAGEDE PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT

SULISTIONO, DEDI (2013) PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 SOMAGEDE PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DEDI SULISTIONO COVER.pdf

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEDI SULISTIONO BAB I.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEDI SULISTIONO BAB II.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text
DEDI SULISTIONO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
DEDI SULISTIONO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
DEDI SULISTIONO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img]
Preview
Text
DEDI SULISTIONO LAMPIRAN.pdf

Download (77MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEDI SULISTIONO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
DEDI SULISTIONO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penalaran pada materi bangun datar segi empat siswa kelas VIIA di SMP Negeri 1 Somagede melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Somagede tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru dan peneliti. Tindakan kelas dilaksanakan dalam 3 siklus dengan setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, tahap observasi, evaluasi dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan tes. Hasil tes kemampuan penalaran, peningkatan kemampuan penalaran siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata – rata dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada tiga siklus. Pada siklus I, nilai rata – rata siswa adalah 63,22 sedangkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal adalah 38%. Pada siklus II, nilai rata – rata siswa kelas VIIA yaitu 73,59 dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 66%. Pada siklus III, nilai rata – rata siswa adalah 75,27 dan persenatase ketuntasan belajarnya adalah 88%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan kemampuan penalaran siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Somagede pada materi bangun datar segi empat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd dan Erni Widiyastuti, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Penalaran , Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 21 Dec 2017 03:48
Last Modified: 21 Dec 2017 03:48
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6328

Actions (login required)

View Item View Item