UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW PADA MATERI MENUMBUHKAN KESADARAN DAN KETERIKATAN TERHADAP NORMA di KELAS VII C SMP NEGERI 1 SOMAGEDE SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2014-2015

SENO, BAYU WIJO (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW PADA MATERI MENUMBUHKAN KESADARAN DAN KETERIKATAN TERHADAP NORMA di KELAS VII C SMP NEGERI 1 SOMAGEDE SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
BAYU WIJO SENO COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAYU WIJO SENO BAB I.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAYU WIJO SENO BAB II.pdf

Download (797kB) | Preview
[img] Text
BAYU WIJO SENO BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
BAYU WIJO SENO BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAYU WIJO SENO BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img]
Preview
Text
BAYU WIJO SENO DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
BAYU WIJO SENO LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn pada materi menumbuhkan kesadaran dan keterikatan terhadap norma melalui metode pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C SMP N 1 Somagede semester gasal tahun pelajaran 2014-2015 dengan jumlah peserta didik 32. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data diperoleh dari tes, lembar observasi aktivitas dan lembar panduan wawancara. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis persentase dengan menggunakan table dan diagram. Hasil penelitian pada soal pre tes peserta didik yang tuntas dalam hasil belajarnya adalah 0 peserta didik atau dalam persentase 0%, selanjutnya pada soal Siklus I peserta didik yang tuntas dalam hasil belajarnya yakni mencapai 29 peserta didik atau dalam persentase 90,62% meningkat pada Soal siklus II peserta didik yang tuntas dalam hasil belajarnya yakni mencapai 32 peserta didik atau dalam persentase mencapapai angka sempurna 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasanya metode pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dapat meningkatkan hasil hasil belajar PPKn pada mata pelajaran PPKn materi menumbuhkan kesadaran dan keterikatan terhadap norma di kelas VII C semester gasal SMP N 1 Somagede

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Banani Ma'mur,M.Si dan Eko Priyanto,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar PPKn, jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 21 Dec 2017 03:33
Last Modified: 21 Dec 2017 03:33
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6325

Actions (login required)

View Item View Item