PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 3 KALIMANAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN STRATEGI PERTANYAAN REFLEKTIF

AJI, ANOM WASKITO (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 3 KALIMANAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN STRATEGI PERTANYAAN REFLEKTIF. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ANOM WASKITO AJI COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANOM WASKITO AJI BAB I.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANOM WASKITO AJI BAB II.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
ANOM WASKITO AJI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
ANOM WASKITO AJI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
ANOM WASKITO AJI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
ANOM WASKITO AJI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
ANOM WASKITO AJI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikemampuan berpikir kritis siswa pada materi Statistika di kelas VIII A SMP N 3 Kalimanah melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Pertanyaan Reflektif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP N 3 Kalimanah dengan jumlah 33 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan 1 kali tes evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 dari tanggal 24 November–8 Desember 2014. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi.Untukmengukurkemampuan berpikir kritis siswa dilakukan menggunakan tes evaluasi. Hasil penelitian tes kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai rata-rata 60,0 pada siklus I dan pada siklus II, nilai rata-rata 71,0. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Pertanyaan Reflektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIIIA SMP N 3 Kalimanah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Akhmad Jazuli, M.Si dan Lukmanul Akhsani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis,Problem Based Learning, Strategi Pertanyaan Reflektif,Pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Pertanyaan Reflektif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 21 Dec 2017 03:25
Last Modified: 21 Dec 2017 03:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6322

Actions (login required)

View Item View Item