PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 SUMBANG

REPSIANI, PESAL AGUS (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 SUMBANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Pesal Agus Repsiani_JUDUL.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pesal Agus Repsiani_BAB I.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pesal Agus Repsiani_BAB II.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
Pesal Agus Repsiani_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
Pesal Agus Repsiani_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text
Pesal Agus Repsiani_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img]
Preview
Text
Pesal Agus Repsiani_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
Pesal Agus Repsiani_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII B di SMP Negeri 2 Sumbang melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan 1x40 menit digunakan untuk evaluasi tes kemampuan komunikasi matematika tertulis. Setiap siklusnya terdapat perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B di SMP Negeri 2 Sumbang yang terdiri dari 32 siswa yaitu 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta komunikasi lisan siswa, tes kemampuan komunikasi matematika tertulis yang berbentuk uraian yang diberikan pada setiap akhir siklus,. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kemampuan komunikasi metematika tertulis mengalami peningkatan yaitu dari nilai rata-rata 57,03 pada siklus I menjadi 67,03 pada siklus II dan dari siklus II nilai rata-rata menjadi 79,53 pada siklus III. Berdasarkan data-data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Sumbang pada pokok bahasan himpunan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad, M.Pd. dan Chumaedi Sugihandardji, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematika, Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 21 Dec 2017 02:11
Last Modified: 21 Dec 2017 02:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6312

Actions (login required)

View Item View Item