UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI BERMAIN PERAN MARKET DAY PADA ANAK KELOMPOK B TK TOP KIDS DESA SOKARAJA KULON KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2014-2015

FADLIYAH, ALDILA RIFATUL (2015) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI BERMAIN PERAN MARKET DAY PADA ANAK KELOMPOK B TK TOP KIDS DESA SOKARAJA KULON KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2014-2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Aldila Rifatul Fadliyah_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aldila Rifatul Fadliyah_BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aldila Rifatul Fadliyah_BAB II.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text
Aldila Rifatul Fadliyah_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
Aldila Rifatul Fadliyah_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
Aldila Rifatul Fadliyah_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
Aldila Rifatul Fadliyah_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosial emosional melalui bermain peran Market Day pada anak kelompok B TK TOP KIDS kecamatan Sokaraja Kulon kabupaten Banyumas Semester Ganjiltahun pelajaran 2014-2015. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan sosial emosional dengan bermain peran Market day pada anak kelompok B TK TOP KIDS kecamatan Sokaraja Kulon kabupaten Banyumas Semester Ganjil 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B TK TOP KIDS kecamatan Sokaraja Kulon kabupaten Banyumas, sejumlah 23 siswa perincian putra 10 dan putri 12 siswa. Tekhnik pengumpulan data pada Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan foto kegiatan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan sosial emosional anak kelompok B TK TOP KIDS kecamatan Sokaraja Kulon kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2014-2015 melalui kegiatan bermain peran Market Day. Pada studi awal kemampuan sosial emosional yang berkembang sangat baik (BSB) sebesar 21,74% atau 5 anak, berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 8,70% atau 2 anak, mulai berkembang (MB) sebanyak 21,74% atau 5 anak, belum berkembang (BB) sebanyak 47,82% atau 11 anak. Pada siklus I perkembangan kemampuan sosial emosional anak meningkat yakni berkembang sangat baik (BSB) sebesar 39,13% atau 9 anak, berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 34,78% atau 8 anak, mulai berkembang (MB) sebanyak 26,09% 6 anak, belum berkembang (BB) sebanyak 0% atau 0 anak. Pada siklus II perkembangan kemampuan sosial emosional anak meningkat yakni berkembang sangat baik (BSB) sebesar 86,95% atau 20 anak, berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 0% atau 0 anak, mulai berkembang (MB) sebanyak 13,05% atau 3 anak, belum berkembang (BB) sebanyak 0% atau 0 anak. Adapun 3 siswaatau 13,05% yang belum mengalami peningkatan sebaiknya guru dan penelitian berkolaborasi memberikan pendampingan dan home visit. Guru harus lebih memperhatikan dan melakukan pendekatan kepada mereka pendekatan kepada mereka dari pada teman-teman yang sudah berkembang dengan sangat baik, memberikan banyak kesempatan untuk mereka yang baru mulai berkembang untuk lebih sering tampil didepan kelas baik ketika mengutarakan pendapat maupun berperan aktif dalam sebuah kegiatan kelompok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd. dan Melati Ismi Hapsari, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Sosial Emosional, Kegiatan Bermain Peran Market Day
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 21 Dec 2017 01:26
Last Modified: 21 Dec 2017 01:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6305

Actions (login required)

View Item View Item