UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MELENGKAPI CERITA RUMPANG SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI SD NEGERI 1 BANJARAN

FAHMI, SEPTYAN IKA MANATI (2013) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MELENGKAPI CERITA RUMPANG SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI SD NEGERI 1 BANJARAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar Bahasa Indonesi a siswa pada materi melengkapi cerita rumpang melalui model Picture And Picture . Subyek penelitian adalah siswa kelas I V SD N egeri 1 Banjaran dengan jumlah 20 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri 2 kali pertem uan, yaitu 1 pertemuan terdiri 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa, juga dari tes evaluasi di setiap akhir siklus. Hasi l peingkatan kreativitas siswa dalm melengkapi ceerita rumpang pada siklus I menghasilkan 70% siswa telah mendapat nilai kreativitas dengan kriteria baik dengan rata - rata nilai 75,75 masuk kategori kreativitas baik dan pada siklus II menghasilkan 90% sisw a telah mendapat nilai kreativitas dengan kriteria baik dengan rata - rata nilai 83,25 masuk kategori kreativitas sangat baik. Prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai persentase ketuntasan belajar sebesar 70% dan siklus II dengan persentase ketuntasan sebesar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Picture And Picture dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD N 1 B anjaran untuk materi melengkapi cerita rumpang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zainuddin, M. A. dan Drs. Sony Irianto, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: kreativitas, prestasi belajar, Bahasa Indonesia, Picture and Picture
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 20 Dec 2017 08:05
Last Modified: 20 Dec 2017 08:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6297

Actions (login required)

View Item View Item