UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA ”BANGUN RUANG” MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DI SD NEGERI MARGASANA

FITRIA, EVA (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA ”BANGUN RUANG” MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DI SD NEGERI MARGASANA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Eva Fitria Cover.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Eva Fitria Bab I.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Eva Fitria Bab II.pdf

Download (850kB) | Preview
[img] Text
Eva Fitria Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
Eva Fitria Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
Eva Fitria Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img]
Preview
Text
Eva Fitria Daftar Pustaka.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text
Eva Fitria Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Matematika melalui metode penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Margasana yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Tahapan pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi untuk aktivitas guru. Untuk memperoleh data pemahaman siswa, guru menggunakan lembar evaluasi pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya pemahaman siswa pada siklus I ke siklus II. Data yang diperoleh pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 70,37% sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa sebesar 81,48%. Kreativitas siswa juga menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 68,52 dengan kriteria cukup menjadi 80 dengan kriteria baik pada siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs.H. Enuh Zainuddin, M.A. dan Santhy Hawanti, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Metode Penemuan Terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 20 Dec 2017 04:19
Last Modified: 20 Dec 2017 04:19
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6290

Actions (login required)

View Item View Item