INKAMAWARNI, ELSA OKTI (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DITINJAU DARI PARTISIPASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SOKARAJA TENGAH. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
|
Text
Elsa Okti Inkamawarni Cover.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
Elsa Okti Inkamawarni Bab I.pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
Elsa Okti Inkamawarni Bab II.pdf Download (616kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Elsa Okti Inkamawarni Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) |
|
![]() |
Text
Elsa Okti Inkamawarni Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) |
|
![]() |
Text
Elsa Okti Inkamawarni Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
|
|
Text
Elsa Okti Inkamawarni Daftar Pustaka.pdf Download (538kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Elsa Okti Inkamawarni Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh dari model quantum teaching terhadap prestasi belajar ips, 2) pengaruh partisipasi terhadap prestasi belajar ips, 3) interaksi dari model quantum teaching, model pembelajaran langsung, dan partisipasi siswa terhadap prestasi belajar ips. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Sokaraja Tengah yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Siswa kelas IVA diberi tindakan dengan model pembelajaran quantum dan kelas IVB dengan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes dan angket. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) model quantum berpengaruh terhadap prestasi belajar ips dengan di buktikan Fkolom = 4,698 > Ftabel = 4,02 dengan signifikasi kolom 0,048 < 0,05, 2) ada pengaruh partisipasi terhadap prestasi belajar siswa dengan di buktikan Fbaris = 4,828 > Ftabel = 4,02 dengan signifikasi baris 0,030 < 0,05, 3) tidak ada interaksi model quantum, model pembelajaran langsung, dan partisipasi siswa terhadap prestasi belajar ips dengan di buktikan Finteraksi = 0,828 < Ftabel = 4,02 dengan signifikasi interaksi 0,166 > 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd. dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar, Model Quantum, Partisipasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nur Hardiansyah |
Date Deposited: | 20 Dec 2017 04:09 |
Last Modified: | 20 Dec 2017 04:09 |
URI: | http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |