UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN EKSPLORASI ALAM SEKITAR PADA ANAK KELOMPOK B1 RA AL-KHAIRIYAH BANJARSARI KIDUL KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013- 2014

ERNIATI, DWI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN EKSPLORASI ALAM SEKITAR PADA ANAK KELOMPOK B1 RA AL-KHAIRIYAH BANJARSARI KIDUL KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013- 2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (649kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Eksplorasi Alam Sekitar Pada Anak Kelompok B1 RA Al- Khairiyah Banjarsari Kidul Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Ajaran 2013-2014 ”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam membilang atau menyebut urutan bilangan 1-20 dengan biji-bijian. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah 15 siswa yang terdiri dari 6 perempuan dan 9 laki-laki kelompok B1 RA Al-Khairiyah Banjarsari Kidul Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Semester Genap Tahun Ajaran 2013- 2014. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu data yang diperoleh berupa katakata, tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka statistik, melainkan tetap dalam bentuk kualitatif yang memiliki arti lebih kaya dari sekedar angka atau frekuensi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak dalam membilang atau menyebut urutan bilangan 1-20 menggunakan bijibijian. Hasil ini dibuktikan pada kondisi awal kemampuan kognitif dari 15 siswa ada 6 anak atau 40% belum berkembang (BB) sesuai dengan indikator, 4 anak atau 30% mulai berkembang (MB) sesuai dengan indikator, 3 anak atau 20% sudah berkembang sesuai harapan (BSH) sedangkan 2 anak atau 10% berkembang sangat baik. Meningkat pada siklus I kemampuan kognitif anak dengan bermain eksplorasi alam sekitar menjadi meningkat yaitu menjadi 35% atau 5 anak berkembang sangat baik (BSB), 20% atau 3 anak berkembang sesuai harapan (BSH), 35% atau 5 anak mulai berkembang(MB) dan 10% atau 2 anak yang belum berkembang (BB), kemudian pada siklus II sangat meningkat menjadi 13 anak atau 90% berkembang sangat baik, sedangkan 2 anak atau 10% mulai berkembang, 0 anak belum berkembang dan 0 anak berkembang sesuai harapan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Johni Dimyati, M.M., dan Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif- Membilang- Biji-bijian - Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 18 Dec 2017 04:09
Last Modified: 18 Dec 2017 04:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6273

Actions (login required)

View Item View Item