HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PEMANFAATAN BPJS PADA IBU POST PARTUM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGLEWAS KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

PRATAMA, TONI ADI (2014) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PEMANFAATAN BPJS PADA IBU POST PARTUM DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGLEWAS KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TONI ADI PRATAMA COVER.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TONI ADI PRATAMA BAB I.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TONI ADI PRATAMA BAB II.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text
TONI ADI PRATAMA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text
TONI ADI PRATAMA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
TONI ADI PRATAMA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img]
Preview
Text
TONI ADI PRATAMA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text
TONI ADI PRATAMA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)

Abstract

Latar belakang: Salah satu indikator utama derajat kesehatan suatu negara adalah Angka Kematian Ibu, dimana pemanfaatan fasilitas penunjang kesehatan yaitu BPJS dibidang persalinan sangat penting guna menyeimbangkan angka petumbuhan penduduk dan juga menyelamatkan ibu dalam melahirkan. Tingkat pendidikan pengetahuan tentang BPJS dan dukungan suami terhadap BPJS sangat berkaitan erat dalam pemenuhan kebutuhan kesehatan. Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat pendidikan, pengetahuan dan dukungan suami dengan pemanfaaatan BPJS pada ibu post partum Metode: Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan metode cross sectional, Populasi yang diambil dalam penelitian adalah semua ibu post partum yang memiliki kartu BPJS di wilayah kerja Puskesmas Karanglewas Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas dengan jumlah sample yang digunakan sebanyak 75 responden serta menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil: Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang signifikan terhadap pemanfaatan BPJS pada ibu post partum dengan hasil pervariabel yaitu tingkat pendidikan p value 0,007, pengetahuan BPJS P value 0,010 serta odds ratio (OR) sebesar 3.730, dukungan suami pada BPJS p-value 0,006, serta dengan odds ratio (OR) sebesar 3.955. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara hubungan tingkat pendidikan, pengetahuan dan dukungan suami dengan pemanfaaatan bpjs pada ibu post partum di wilayah kerja Puskesmas Karanglewas Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Isna Hikmawati, S.KM., M.Kes(Epid). dan Basuki Rakhmat, S.KM., MM.
Uncontrolled Keywords: Faktor Pemanfaatan BPJS; Tingkat Pendidikan; Dukungan Suami; Pemanfaatan BPJS; Ibu Post Patrum;
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 04 Feb 2017 08:22
Last Modified: 04 Feb 2017 08:22
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item View Item