PENGARUH PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JATILAWANG

SETIANINGSIH, YUNI (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JATILAWANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_YUNI SETIANINGSIH_MTK'14.pdf

Download (990kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_YUNI SETIANINGSIH_MTK'14.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_YUNI SETIANINGSIH_MTK'14.pdf

Download (700kB) | Preview
[img] Text
BAB III_YUNI SETIANINGSIH_MTK'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
BAB IV_YUNI SETIANINGSIH_MTK'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text
BAB V_YUNI SETIANINGSIH_MTK'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_YUNI SETIANINGSIH_MTK'14.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_YUNI SETIANINGSIH_MTK'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui capaian kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jatilawang yang mengikuti pembelajaran penemuan terbimbing; 2) Mengetahui capaian kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jatilawang yang mengikuti pembelajaran langsung; 3) Mengetahui apakah kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik daripada kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jatilawang dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan pembelajaran penemuan terbimbing dan seluruh siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran menggunakan pembelajaran langsung. Untuk mengetahui pengaruh yang lebih baik antara dua sampel menggunakan Independent Sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai kemampuan representasi matematis kelas eksperimen adalah 73,97, dimana siswa yang memperoleh nilai di atas rata-rata sebanyak 17 siswa dengan persentase 53,125% dan rata-rata nilai kemampuan representasi matematis kelas kontrol adalah 68,31, dimana siswa yang memperoleh nilai di atas rata-rata sebanyak 13 siswa dengan persentase 40,625%. Hasil analisis uji-t dua sampel independen tersebut memberikan nilai Sig. = 0.024 < 0.05 . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran penemuan terbimbing lebih baik dari pada kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Erni Widiyastuti, M.Si., dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Pembelajaran Langsung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 18 Dec 2017 03:18
Last Modified: 18 Dec 2017 03:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6267

Actions (login required)

View Item View Item