PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA MATERI MENULIS AKSARA JAWA MENGGUNAKAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALISIS SINTESIS) DI KELAS IV SD NEGERI 2 NOTOG

KINANTAN, TYAS HANIF (2014) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA JAWA MATERI MENULIS AKSARA JAWA MENGGUNAKAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALISIS SINTESIS) DI KELAS IV SD NEGERI 2 NOTOG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (858kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan presatasi belajar bahasa Jawa materi menulis aksara Jawa menggunakan metode SAS (struktural analisis sintesis) di kelas IV SD Negeri 2 Notog yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK yang dilakukan dalam 2 siklus dan dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk memperoleh hasil data rasa ingin tahu siswa yaitu dengan angket rasa ingin tahu siswa. Rata-rata rasa ingin tahu siswa pada siklus I mencapai presentase sebesar 78,54% (B) dan mengalami peningkatan pada siklusII menjadi sebesar 83,70% (BS). Prestasi belajar siswa pada siklus I memperoleh presentase ketuntasan 64,51% (B) dan meningkat pada siklus II sehingga memperoleh presentase sebesar 90,32% (BS). Hasil observasi aktivitas guru juga mengalami peningkatan dri siklus I memperoleh presentase hasil sebesar 73,75% (B) menjadi 87,5% (BS) pada siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh presentase sebesar 77,66% (B) dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu dengan presentase hasil sebesar 82,74% (BS). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembalajaran bahasa Jawa menggunakan metode SAS dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa pada materi menulis aksara Jawa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sri Harmianto, M.Pd., dan Drs. Pamujo M.M M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Rasa ingin tahu, Prestasi belajar, Metode SAS(struktural analisis sintesis).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 18 Dec 2017 03:17
Last Modified: 18 Dec 2017 03:17
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6266

Actions (login required)

View Item View Item