UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE TWO STAY TWO STRAY MENGGUNAKAN TEKNIK BACAAN RUMPANG DI KELAS IVA SD NEGERI KARANGDADAP

DAMAYANTI, YUN PRASTIKA (2013) UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE TWO STAY TWO STRAY MENGGUNAKAN TEKNIK BACAAN RUMPANG DI KELAS IVA SD NEGERI KARANGDADAP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_YUN PRASTIKA DAMAYANTI_PGSD'13.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_YUN PRASTIKA DAMAYANTI_PGSD'13.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_YUN PRASTIKA DAMAYANTI_PGSD'13.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text
BAB III_YUN PRASTIKA DAMAYANTI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
BAB IV_YUN PRASTIKA DAMAYANTI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] Text
BAB V_YUN PRASTIKA DAMAYANTI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_YUN PRASTIKA DAMAYANTI_PGSD'13.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_YUN PRASTIKA DAMAYANTI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya percaya diri dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IVA SD Negeri Karangdadap, sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan kemampuan membaca pemahaman siswa pada materi menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca pemahaman pada pelajaran bahasa Indonesia melalui metode two stay two stray menggunakan teknik bacaan rumpang. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri Karangdadap, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas sebanyak 28 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus ke II terdiri dari 1 pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara dengan siswa dan guru, observasi guru dan siswa, serta angket dan tes. Data hasil percaya diri siswa diperoleh dari angket percaya diri yang dilakukan pada akhir siklus. Hasil kemampuan membaca pemahaman siswa diperoleh dari tes evaluasi yang dilakukan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian hasil percaya diri siswa diperoleh persentase ketuntasan siklus I sebesar 70,05% dan siklus II sebesar 75%. Hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa siklus I sebesar 71,42% dan siklus II sebesar 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode two stay two stay menggunakan teknik bacaan rumpang dapat meningkatkan percaya diri dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IVA SD Negeri Karangdadap.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zaenuddin, M.A., dan Drs. Pamujo M.M., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Percaya Diri, Kemampuan Membaca Pemahaman, Metode Two Stay Two Stray, Teknik Bacaan Rumpang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 18 Dec 2017 03:14
Last Modified: 18 Dec 2017 03:14
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6265

Actions (login required)

View Item View Item