UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DARATAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK SEND-A-PROBLEM DI KELAS IV SD NEGERI 2 TAMBAKNEGARA

SILVIANICTA, STEVANO RAHMA (2014) UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DARATAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK SEND-A-PROBLEM DI KELAS IV SD NEGERI 2 TAMBAKNEGARA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (791kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap disiplin dan prestasi belajar IPA materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan melalui model pembelajaran kolaboratif teknik send-a-problem. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 2 Tambaknegara dengan jumlah siswa 28 yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri 2 pertemuan, yaitu 1 pertemuan terdiri 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa. Data hasil peningkatan sikap disiplin dan prestasi belajar diperoleh dari angket sikap disiplin dan soal evaluasi. Hasil angket sikap disiplin pada siklus I memperoleh skor 48,9 dan presentase 80,6 % dengan kriteria baik sedangkan pada siklus II memperoleh skor 49,1 dan presentase sebesar 85,67 % dengan kriteria baik sekali. Rata-rata prestasi belajar yang diperoleh pada siklus I sebesar 67,85 % dan siklus II sebesar 87,49 % Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif teknik send-a-problem dapat meningkatkan disiplin dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD N 2 Tambaknegara.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Drs. Sony Irianto, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Prestasi belajar IPA, Model pembelajaran kolaboratif, Teknik send-a-problem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 18 Dec 2017 03:11
Last Modified: 18 Dec 2017 03:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6263

Actions (login required)

View Item View Item