UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE BERTANAM KACANG HIJAU DENGAN POT DARI BOTOL BEKAS PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD ASSUNAH PLANJAN KESUGIHAN CILACAP SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN2014-2015

NURHAYATI, UUT TAUBAH (2015) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE BERTANAM KACANG HIJAU DENGAN POT DARI BOTOL BEKAS PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD ASSUNAH PLANJAN KESUGIHAN CILACAP SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN2014-2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_UUT TAUBAH NURHAYATI_PAUD'15.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_UUT TAUBAH NURHAYATI_PAUD'15.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_UUT TAUBAH NURHAYATI_PAUD'15.pdf

Download (783kB) | Preview
[img] Text
BAB III_UUT TAUBAH NURHAYATI_PAUD'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
BAB IV_UUT TAUBAH NURHAYATI_PAUD'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
BAB V_UUT TAUBAH NURHAYATI_PAUD'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_UUT TAUBAH NURHAYATI_PAUD'15.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_UUT TAUBAH NURHAYATI_PAUD'15.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian seluruh siswa kelompok B di PAUD Assunah Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap Tahun Ajaran 2014-2015, dengan jumlah siswa siswa 20 yang terdiri dari 5 perempuan dan 15 laki-laki. Proses penelitian ini dilakukan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian iini menggunakan metode observasi dan wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Simpulan hasil penelitian menyatakan bahwa metode bertanam kacang hiijau, dapat membantu kemampuan sains anak di Kelompok B Paud Assunah Planjan Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap.Hal ini dibuktikan dengan hasil yang dicapai oleh anak setelah dilaksanakan tindakan dari studi awal sampai pada siklus II. Dari 20 anak ang memperoleh predikat belum berkembang berjumlah 10 anak atau 50% , siswa yang mlai berkembang yaitu 3 anak atau 15%, siswa yang berkembang sesuai harapan yaitu 3 atau 15%, dan 4 anak atau 20% berkembang sangat baik. Setelah diadakan Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I, kemampuan anak meningkat yaitu belum berkembang berjumlah 0 atau 0 %, kemudian yang mulai berkembang 8 anak atau 40%, sedangkan siswa yang berkembang sesuai harapan yaitu 4 atau 20%, dan anak yang berkembang sangat baik atau dikatakan berhasil yaitu 8 anak atau 40%. Kemudian peneliti melanjutkan perbaikan dengan melaksanakan siklus II. Setelah diadakan perbaikan Penelitian Tindakan Kelas pada siklus II, kemampuan sains anak semakin meningkat, yaitu siswa yang belum berkembang 0 atau 0%, siswa yang berkembang sesuai harapan yaitu 3 atau 15%, dan siswa yang berkembang sangat baik yaitu 17 anak atau 85%. Upaya yang dilakukan untuk anak yang berkembang sesuai harapan diberikan motivasi lebih agar menjadi berkembang sangat baik.Sebaiknya guru lebih kreatif lagi alam pembelajaran. Pembelajaran juga sesekali dilakukan di luar ruangan agar jiwa eksploratif anak terus tumbuh. Kata kunci : Kemampuan Sains, Penelitian Tindakan Kelas, Anak, Metode, Bertanam kacang hijau

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Johni Dimyati, M.M,., dan Yuki Widiasari, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Sains, Metode Bertanam Kacang Hijau, Hubungan Antara Metode Bertanam Kacang Hijau Dengan Kemampuan Sains Anak, Kriteria Keberhasilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 18 Dec 2017 02:47
Last Modified: 18 Dec 2017 02:47
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6258

Actions (login required)

View Item View Item