PENGEMBANGAN ALAT PERAGA DAN JOBSHEET BERBASIS PEDULI LINGKUNGAN PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS TEGAK DENGAN PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK SISWA KELAS VIII SMP

INDRIYANI, DEWI LUKI (2014) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA DAN JOBSHEET BERBASIS PEDULI LINGKUNGAN PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS TEGAK DENGAN PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (760kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: 1) menghasilkan alat peraga dan jobsheet berbasis peduli lingkungan pada materi prisma dan limas tegak dengan pembelajaran kuantum untuk siswa kelas VIII SMP yang valid, 2) mengetahui respon guru dan siswa terhadap alat peraga dan jobsheet berbasis peduli lingkungan pada materi prisma dan limas tegak dengan pembelajaran kuantum untuk siswa kelas VIII SMP. Proses pengembangan alat peraga dan jobsheet menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang meliputi empat tahap. Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pengembangan alat peraga dan jobsheet pada penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan (develop) saja. Pada tahap pengembangan ini telah dihasilkan alat peraga dan jobsheet berbasis peduli lingkungan pada materi prisma dan limas tegak dengan pembelajaran kuantum untuk siswa kelas VIII SMP. Alat peraga dan jobsheet mendapat kategori valid yaitu 4,02 untuk validator guru/dosen matematika dan kategori valid yaitu 3,83 untuk validator guru bahasa Indonesia, respon guru terhadap alat peraga dan jobsheet mendapat kategori sangat membantu dengan nilai 78 dan respon siswa pada ujicoba menunjukkan rata-rata penilaian siswa diperoleh lebih dari 70 % siswa memilih option jawaban D dan E. Hasil tersebut menunjukkan bahwa respon siswa positif terhadap pembelajaran menggunakan alat peraga dan jobsheet berbasis peduli lingkungan pada materi prisma dan limas tegak dengan pembelajaran kuantum untuk siswa kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Kusno, M.Pd. dan Drs. Ahmad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Jobsheet, Peduli Lingkungan, Pembelajaran Kuantum
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 18 Dec 2017 01:46
Last Modified: 18 Dec 2017 01:46
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6247

Actions (login required)

View Item View Item