PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT,SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 2KALIBAGOR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

HASAN, BANI NUR (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT,SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 2KALIBAGOR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (781kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang lebih baik dari penerapan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Kalibagor tahun 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian Randomized Control Group Pretest- Postest Design.Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar aspek kognitif yaitu dengan evaluasi (postes), hasil belajar aspek afektif menggunakan angket dan hasil belajar aspek psikomotor menggunakan penilaian unjuk kerja. Data dihitung dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian pada aspek kognitif menunjukan atau 2,61 > 1,671; sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi model pembelajaran ARIAS berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar Matematika aspek kognitif. Hasil penelitian pada aspek afektif menunjukan atau 9,85 > 1,671; sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi model pembelajaran ARIAS berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar Matematika aspek afektif. Hasil penelitian pada aspek psikomotor menunjukan atau 7,29 > 1,671; sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi model pembelajaran ARIAS berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar Matematika aspek psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian terhadap hasil belajar di SD Negeri 2 Kalibagor melalui penerapan model pembelajaran ARIAS dapat disimpulkan berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar siswa aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Matematika dan model pembelajaran ARIAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 18 Dec 2017 01:40
Last Modified: 18 Dec 2017 01:40
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6245

Actions (login required)

View Item View Item