FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN APOTEKER DI PUSKESMAS KABUPATEN BANYUMAS

PUTRI, MIRNA ANNASYA (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN APOTEKER DI PUSKESMAS KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Mirna Annasya Putri Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mirna Annasya Putri BAB I.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mirna Annasya Putri BAB II.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
Mirna Annasya Putri BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
Mirna Annasya Putri BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
Mirna Annasya Putri BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img]
Preview
Text
Mirna Annasya Putri Daftar Pustaka.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
Mirna Annasya Putri Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Peraturan Menteri Kesehatan No. 30 Tahun 2014 mengharuskan pelayanan farmasi di Puskesmas dilakukan oleh apoteker.Hal ini membuat Puskesmas merasa perlu untuk memiliki seorang Apoteker. Sebelumnya, pelayanan kefarmasian di Puskesmas dilakukan oleh perawat atau tenaga kesehatan lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan pasien terhadappelayanan apoteker di Puskesmas Kabupaten Banyumas.Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah pengetahuan, sikap, motivasi, supervisi, dan kepemimpinan.Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study.Subjek penelitian ini adalah apoteker sebanyak 15 responden dan pasien sebanyak 134 responden yang merupakan pasien di Puskesmas yang memiliki apoteker. Kuesioner menggunakan skala Guttman dan skala Likert.Teknik analisis data menggunakan statistik uji chi-square test (p= 0,05). Namun, karena ada 3 sel (75%) di semua variabel yang nilai expected-nya kurang dari 5, maka digunakan uji alternatif Fisher’s Exact. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan bermakna antara pengetahuan 0.007 (p<0.05), sikap 0.001 (p<0.05), motivasi 0.007 (p<0.05), dan supervisi 0.007 (p<0.05) dengan kepuasan pasien terhadappelayanan apoteker di Puskesmas kabupaten Banyumas.Tidak terdapat hubungan bermakna antara kepemimpinan 0.467(p>0.05) dengan kepuasan pasien terhadappelayanan apoteker di Puskesmas kabupaten Banyumas.Diharapkan apoteker dapat meningkatkan kinerja dan memulai melakukan monitoring efek samping obat serta dokumentasi patient medication record.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Susanti, S.Farm.,M.Phil.,Apt dan Much Ilham N Aji Wibowo, S.Farm.,MPH.,Apt
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Apoteker, Pasien, Puskesmas
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 04 Feb 2017 07:59
Last Modified: 04 Feb 2017 07:59
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item View Item