UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 KESUGIHAN MELALUI PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI)

MULYANINGSIH, TRINA (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 KESUGIHAN MELALUI PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_TRINA MULYANINGSIH_MTK'13.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_TRINA MULYANINGSIH_MTK'13.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_TRINA MULYANINGSIH_MTK'13.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
BAB III_TRINA MULYANINGSIH_MTK'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
BAB IV_TRINA MULYANINGSIH_MTK'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img] Text
BAB V_TRINA MULYANINGSIH_MTK'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_TRINA MULYANINGSIH_MTK'13.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_TRINA MULYANINGSIH_MTK'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi dan prestasi belajar menggunakan pembelajaran PBI. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Kesugihan yang berjumlah 35 siswa, yang terdiri dari 17 siswa putra dan 18 siswa putri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan alokasi waktu 2 x 40 menit dan 1 kali pertemuan untuk evaluasi dengan alokasi waktu 1 x 40 menit. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket dan tes siklus. Angket digunakan untuk mengukur motivasi siswa dan tes siklus untuk mengukur prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata motivasi pada siklus I sebesar 2,72, pada siklus II sebesar 3,05 dan pada siklus III sebesar 3,40. Nilai rata-rata prestasi belajar pada siklus I sebesar 61,71, siklus II sebesar 67,86, dan pada siklus III sebesar 71,60. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) pembelajaran PBI dapat meningkatkan motivasi siswa, (2) Pembelajaran PBI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, S.Si, M.Si., dan Drs. Ahmad,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dan prestasi belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 15 Dec 2017 03:06
Last Modified: 15 Dec 2017 03:06
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6207

Actions (login required)

View Item View Item