UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS XI IPS-1 SMA NEGERI 1 REMBANG

PURWATI, RUTI (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS XI IPS-1 SMA NEGERI 1 REMBANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_RUTI PURWATI_GEOGRAFI'14.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_RUTI PURWATI_GEOGRAFI'14.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_RUTI PURWATI_GEOGRAFI'14.pdf

Download (791kB) | Preview
[img] Text
BAB III_RUTI PURWATI_GEOGRAFI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_RUTI PURWATI_GEOGRAFI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] Text
BAB V_RUTI PURWATI_GEOGRAFI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_RUTI PURWATI_GEOGRAFI'14.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_RUTI PURWATI_GEOGRAFI'14.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Geografi melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teamsachievement division di kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Rembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi untuk memberbaiki siklus sebelumnya dan merencanakan tindakan berikutnya. Subyek penelitian ini berjumlah 29 siswa, terdiri dari 19 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Dari hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan siswa pada siklus I memperoleh persentase keaktifan siswa secara keseluruhan sebesar 43,1% yang termasuk dalam kriteria cukup aktif dan meningkat pada siklus II dengan perolehan persentase keaktifan siswa secara keseluruhan sebesar 82,57% yang termasuk dalam kriteria aktif. Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe student teams-achievement division dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran geografi, siswa cukup aktif dalam menyampaikan jawaban, menyampaikan pendapat dan aktif dalam mengajukan pertanyaan, berdiskusi kelompok, mencatat kesimpulan, mengerjakan tugas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mustolikh, M.Si., dan Dr. Sigid Sriwanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: student teams-achievement division, Keaktifan, Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 15 Dec 2017 02:26
Last Modified: 15 Dec 2017 02:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6201

Actions (login required)

View Item View Item