UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIANDAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV PADA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARANBERBASIS MASALAH DI SD NEGERI 1 KALIMANAH WETAN

NURMALASARI, RESTIANA (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIANDAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV PADA POKOK BAHASAN GAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARANBERBASIS MASALAH DI SD NEGERI 1 KALIMANAH WETAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_RESTIANA NURMALASARI_PGSD'13.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_RESTIANA NURMALASARI_PGSD'13.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_RESTIANA NURMALASARI_PGSD'13.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text
BAB III_RESTIANA NURMALASARI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[img] Text
BAB IV_RESTIANA NURMALASARI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_RESTIANA NURMALASARI_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_RESTIANA NURMALASARI_PGSD'13.pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemandirian dan prestasi belajar siswa menjadi dasar bagi peneliti untuk melakukan penelitian di SD Negeri 1 Kalimanah Wetan.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar IPA pokok bahasan gayamelalui model pembelajaran berbasis masalah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalimanah Wetan yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa.Data hasil kemandirian dan prestasi belajar siswa diperoleh dari angket dan tes evaluasi yang diberikan pada setiap akhir siklus.Hasil penelitian kemandirian belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 46,86 tergolong kriteria sedang, sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh persentase ketuntasan belajar 68% dengan kriteria baik. Hasil penelitian kemandirian belajar siswa pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar57,63 tergolong kriteria tinggi, sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh persentase ketuntasan belajar 91% dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Drs. Enuh Zainuddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: kemandirian, prestasi belajar, IPA, pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 15 Dec 2017 01:26
Last Modified: 15 Dec 2017 01:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6194

Actions (login required)

View Item View Item