PENGARUH PENERIMAAN DIRI TERHADAP SUBJECTIVE WELL-BEING PADA PENDERITA PASCA STROKE DI PUSKESMAS WILAYAH KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS

FAJRIYATI, IKA (2015) PENGARUH PENERIMAAN DIRI TERHADAP SUBJECTIVE WELL-BEING PADA PENDERITA PASCA STROKE DI PUSKESMAS WILAYAH KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Ika Fajriyati Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ika Fajriyati BAB I.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ika Fajriyati BAB II.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text
Ika Fajriyati BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Text
Ika Fajriyati BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img] Text
Ika Fajriyati BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img]
Preview
Text
Ika Fajriyati Daftar Pustaka.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
Ika Fajriyati Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerimaan diri terhadap subjective well-being pada penderita pasca stroke di Puskesmas wilayah Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh penerimaan diri terhadap subjective well-being pada penderita pasca stroke di Puskesmas wilayah Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode skala. Terdapat dua buah skala yang digunakan yaitu skala penerimaan diri dan skala subjective well-being. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dan menggunakan try out terpakai, yaitu responden yang digunakan untuk uji validitas dan reliabilitas juga digunakan sebagai responden penelitian. Populasi yang dijadikan sebagai subjek dalam penelitian ini adalah penderia pasca stroke di Puskesmas wilayah Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas yang berjumlah 53 penderita yang memenuhi kriteria subjek penelitian. Uji Validitas data menggunakan teknik korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik alpha cronbach. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, skala penerimaan diri memiliki skor validitas yang berkisar antara 0,326 hingga 0,688 dengan 40 butir pernyataan yang valid dan diperoleh skor reliabilitas sebesar 0,897. Pada skala subjective well-being diperoleh skor validitas yang berkisar antara 0,306 hingga 0,744 dengan 46 butir pernyataan yang valid dan diperoleh skor reliabilitas sebesar 0,926. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai (43,762) > (7,15) dengan nilai signifikasi (p) sebesar 0,000<(0,01). Hal ini menunjukkan hipotesis yang diajukan diterima yaitu ada pengaruh penerimaan diri terhadap subjective wellbeing pada penderita pasca stroke di Puskesmas wilayah Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Koefisien korelasi R yang diperoleh adalah sebesar 0,680 dengan nilai signifikasi (p) sebesar 0,000<(0,01) yang menunjukkan adanya hubungan antara penerimaan diri dengan subjective well-being pada penderita pasca stroke. Koefisien determinasi yang ditunjukkan R Square adalah sebesar 0,462. Artinya, penerimaan diri memberikan pengaruh atau sumbangan efektif sebesar 46,2 % maka masih ada 53,8 % faktor lain yang berpengaruh (faktor-faktor yang tidak diteliti).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Rr. Setyawati, S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: penerimaan diri, subjective well-being, dan penderita pasca stroke
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 04 Feb 2017 07:25
Last Modified: 04 Feb 2017 07:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item View Item