UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI METODE BERMAIN BOLA ESTAFET PADA ANAK KELOMPOK B2 TK PERTIWI KARANGDUREN KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012-2013

WATI, EVI LIUKWISANA (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI METODE BERMAIN BOLA ESTAFET PADA ANAK KELOMPOK B2 TK PERTIWI KARANGDUREN KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012-2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_EVI LIUKWISANA WATI_PAUD'13.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_EVI LIUKWISANA WATI_PAUD'13.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_EVI LIUKWISANA WATI_PAUD'13.pdf

Download (738kB) | Preview
[img] Text
BAB III_EVI LIUKWISANA WATI_PAUD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] Text
BAB IV_EVI LIUKWISANA WATI_PAUD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] Text
BAB V_EVI LIUKWISANA WATI_PAUD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_EVI LIUKWISANA WATI_PAUD'13.pdf

Download (625kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan adanya permasalahan di TK Pertiwi Karangduren Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas semester genap tahun ajaran 2012-2013, bahwa kemampuan kerjasama pada anak kelompok B2 belum berkembang secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peningkatan kemampuan kerjasama melalui metode bermain estafet dapat meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak kelompok B2 TK Pertiwi Karangduren Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas semester genap Tahun Ajaran 2012-2013. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu suatu bentuk penelitian yang bersifat refleksi dengan menggunakan empat komponen yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah 24 anak yang terdiri dari 9 putra dan 15 putri. Pengumpulan data diperoleh dari observasi kegiatan dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah tekhnik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data selama mengadakan penelitian dari kondisi awal dan mengupayakan perbaikan pada siklus I dan siklus II, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan kerjasama pada anak kelompok B2 TK Pertiwi Karangduren, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, semester genap tahun ajaran 2012-2013 dapat ditingkatkan melalui metode bermain bola estafet. Hal ini ditunjukkan pada kondisi awal dari 24 anak ada 7 anak atau sebesar 29,1% yang kemampuan kerjasamanya sudah berkembang sesuai harapan, 11 anak atau sebesar 45,83% mulai berkembang, dan 6 anak atau sebesar 25% belum berkembang. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas pada siklus I ada 1 anak atau sebesar 4,167% berkembang sanga baik, 17 anak atau sebesar 70,83% berkembang sesuai harapan, dan 6 anak atau sebesar 25% mulai berkembang. Kemudian pada siklus II ada 6 anak atau sebesar 25% berkembang sangat baik, 17 anak atau sebesar 70,833% berkembang sesuai harapan, dan 1 anak atau sebesar 4,167% mulai berkembang. Oleh Karena itu hasil penelitian siklus II mencapai persentase keberhasilan melebihi standar keberhasilan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sutomo, M.Si, dan Yuki Widiasari, S.Sos, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kerjasama, Metode Bermain, Bola Estafet
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 15 Dec 2017 00:45
Last Modified: 15 Dec 2017 00:45
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6189

Actions (login required)

View Item View Item