PENINGKATKAN SIKAP KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DARATAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK, PAIR AND SQUARE DI KELAS IV SD NEGERI 2 LAMUK

FATIMAH, EMY WITA (2013) PENINGKATKAN SIKAP KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DARATAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK, PAIR AND SQUARE DI KELAS IV SD NEGERI 2 LAMUK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_EMY WITA FATIMAH_PGSD'13.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_EMY WITA FATIMAH_PGSD'13.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_EMY WITA FATIMAH_PGSD'13.pdf

Download (804kB) | Preview
[img] Text
BAB III_EMY WITA FATIMAH_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text
BAB IV_EMY WITA FATIMAH_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_EMY WITA FATIMAH_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_EMY WITA FATIMAH_PGSD'13.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_EMY WITA FATIMAH_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerja keras dan prestasi belajar IPA siswa dengan materi Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya terhadap Daratan melalui pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair, and Square. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Lamuk yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Untuk memperoleh hasil data kerja keras belajar siswa yaitu dengan menggunakan angket kerja keras belajar, sedangkan untuk memperoleh hasil data prestasi belajar dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, kerja keras belajar siswa pada siklus I diperoleh ratarata 34,21 sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 57,89%. Kemudian hasil penelitian kerja keras belajar siswa pada siklus II diperoleh rata-rata 46,06 sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh prestasi ketuntasan belajar sebesar 100%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think, Pair, and Square dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar IPA materi Perubahan ligkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Drs. Enuh Zainuddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: kerja keras, prestasi belajar, IPA, kooperatif think, pair, and square
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 15 Dec 2017 00:41
Last Modified: 15 Dec 2017 00:41
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6188

Actions (login required)

View Item View Item