PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI BENTUK ORGANISASI DI SEKOLAH DAN MASYARAKAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V SD N 1 PENARUBAN

MARDIYANTI, DIYAH (2012) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI BENTUK ORGANISASI DI SEKOLAH DAN MASYARAKAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V SD N 1 PENARUBAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
DIYAH MARDIYANTI COVER.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIYAH MARDIYANTI BAB I.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DIYAH MARDIYANTI BAB II.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text
DIYAH MARDIYANTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)
[img] Text
DIYAH MARDIYANTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DIYAH MARDIYANTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img]
Preview
Text
DIYAH MARDIYANTI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text
DIYAH MARDIYANTI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar PKn materi bentuk organisasi di sekolah dan masyarakat melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Penaruban dengan jumlah siswa 29. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri 2 pertemuan, yaitu 1 pertemuan terdiri 2 jam pelajaran. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Untuk memperoleh hasil belajar aspek kognitif berupa prestasi belajar siswa diperoleh dari tes evaluasi tiap akhir siklus. Untuk memperoleh hasil belajar aspek afektif diperoleh dari lembar angket motivasi belajar yang dibagikan disetiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian hasil prestasi belajar siswa diperoleh nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 62,34 dengan persentase ketuntasan belajar sebanyak 55%, dan pada siklus II nilai rata-rata kelas yang diperoleh 74,21 dengan persentase ketuntasan belajar sebanyak 86%. Sedangkan hasil belajar aspek afektif berupa motivasi siswa mengalami kenaikan pada tiap siklusnya. Siklus I motivasi belajara siswa secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 44,52 dengan kategori motivasi belajar siswa tinggi dan pada siklus II motivasi belajar siswa secara keseluruhan meningkat menjadi 49,13 rata-rata yang diperoleh sehingga kategori motivasi belajar siswa sangat tinggi. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Penaruban.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Afandi, S.Pd., M.Pd., dan Drs. Pamujo M.M, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Prestasi; Belajar; Kooperatif tipe STAD; PKn;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 14 Dec 2017 03:11
Last Modified: 14 Dec 2017 03:11
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6182

Actions (login required)

View Item View Item