PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TIMED PAIR SHARE TERHADAP DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI MENGHARGAI PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI KELAS V SD NEGERI TRITIH WETAN 01 CILACAP

FARIKHAH, TIARA (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TIMED PAIR SHARE TERHADAP DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI MENGHARGAI PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI KELAS V SD NEGERI TRITIH WETAN 01 CILACAP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Keberhasilan prestasi belajar siswa adalah salah satu tujuan guru dalam proses pembelajaran. Pembembentukan disiplin siswa dapat dilakukan melalui penerapan model pembelajaran dikelas. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru adalah pembelajaran kooperatif teknik Timed Pair Share (TPS). Model ini membuat siswa akan lebih disiplin dalam belajar, karena siswa dalam pembelajaran ini dituntut untuk aktif dapat menyelesaikan masalah secara berkelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang lebih baik dari penerapan model pembelajaran kooperatif teknik TPS terhadap Disiplin dan Prestasi Belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Tritih Wetan 01 Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Semu dan desain penelitian yaitu postes hanya grup kontrol dengan random subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Tritih Wetan 01 Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk disiplin belajar yaitu menggunakan angket, prestasi belajar menggunakan uji evaluasi. Data dihitung dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian pada disiplin belajar siswa menunjukkan thitung ttabel atau 2,87 1,671; sehingga Hoditolakdan Ha diterima. Jadi Teknik TPS berpengaruh lebih baik terhadap disiplin belajar IPS. Hasil pada Prestasi belajar siswa menunjukkan thitung ttabel , atau 2,51 1,671; sehingga Hotolakdan Ha diterima. Jadi Teknik TPS berpengaruh lebih baik terhadap Prestasi belajar IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D., dan Drs. H. Enuch Zaenudin,M.A.,
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif teknik TPS, Prestasi Belajar, Disiplin dan IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 14 Dec 2017 03:06
Last Modified: 14 Dec 2017 03:06
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6181

Actions (login required)

View Item View Item