Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Siswa dalam Menulis Puisi Bebas Melalui Model Pembelajaran Outdoor Di Kelas V SD Negeri 3 Bancarkembar”

ASTUTI, YULIA TRI (2014) Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Siswa dalam Menulis Puisi Bebas Melalui Model Pembelajaran Outdoor Di Kelas V SD Negeri 3 Bancarkembar”. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (643kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas siswa dalam menulis puisi bebas melalui model pembelajaran outdoor. Jenis penelitian ini adalan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Objek dari peneliyian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Bancarkembar yang berjumlah 42 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki – laki dan 26 siswa perempuan. Tahapan yang dilaksanakan pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan tes dan lembar observasi guru dan siswa, untuk memperoleh data hasil menulis puisi, siswa menggunakan lembar evaluasi pada setiap akhir pembelajaran selama dua siklus. Hasil penelitian pada pembelajaran menulis puisi bebas dengan menggunakan model pembelajaran outdoor dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas menulis puisi bebas. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan menulis puisi bebas siswa pada siklus I ke siklus II. Data yang diperoleh pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 45,24% sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa sebesar 88,10%. Kreativitas siswa juga menunjukan peningkatan pada siklus I ke siklus II yaitu dari 33,33% pada siklus I dan menjadi 88, 10% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran outdoor dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas menulis puisi bebas siswa kelas V SD Negeri 3 Bancarkembar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Enuh Zainuddin, M.A., dan Santhy Hawanti, Ph.D.,
Uncontrolled Keywords: kreativitas, kemampuan, menulis puisi bebas, model outdoor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 14 Dec 2017 01:21
Last Modified: 14 Dec 2017 01:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6174

Actions (login required)

View Item View Item