UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI BERMAIN BAKIAK PANJANG PADA ANAK KELOMPOK B TK KARTINI GUMILIR KECAMATAN CILACAP UTARA KABUPATEN CILACAP SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012

SWASTI, NURUL WIDYA (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI BERMAIN BAKIAK PANJANG PADA ANAK KELOMPOK B TK KARTINI GUMILIR KECAMATAN CILACAP UTARA KABUPATEN CILACAP SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NURUL WIDYA COVER.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NURUL WIDYA BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NURUL WIDYA BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
NURUL WIDYA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
NURUL WIDYA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
NURUL WIDYA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[img]
Preview
Text
NURUL WIDYA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
NURUL WIDYALAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak didik kelompok B TK Kartini Gumilir Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap dengan metode bermain bakiak panjang. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan karena rendahnya kemampuan kerjasama anak. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan selama dua siklus, dan masingmasing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Kartini Gumilir Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap, yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 9 putri dan 11 putra. Metode yang digunakan dalam perbaikan penelitian ini adalah motode bermain. Data yang ada diperoleh melalui hasil evaluasi anak dan pengamatan oleh observer. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi terhadap kemampuan kerjasama. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap siklus ada peningkatan terbukti pada kondisi awal anak yang berkembang sangat baik ada 4 (20%) anak, anak yang berkembang sesuai harapan ada 4 (20%) anak, anak yang mulai berkembang ada 2 (10%) anak dan anak yang belum berkembang ada 10 (50%) anak. Pada Siklus I ada 12 (60%) anak yang memiliki kemampuan kerjasama berkembang sangat baik, 4 (20%) anak yang kemampuan kerjasamanya berkembang sesuai harapan, 2 (10%) anak yang kemampuan kerjasamanya mulai berkembang dan 2 (10%) anak yang kemampuan kerjasamanya belum berkembang. Pada siklus kedua ada 16 (80%) anak yang kemampuan kerjasamanya berkembang sangat baik, 2 (10%) anak yang kemampuan kerjasamanya berkembang sesuai harapan, 2 (10%) anak yang kemampuan kerjasamanya belum berkembang. Upaya tindak lanjut yang disarankan oleh peneliti kepada guru dan orang tua yaitu untuk memberikan motivasi, untuk dapat mendekatkan diri anak kepada lingkungan agar anak memiliki rasa percaya diri dan dapat berinteraksi dalam kelompok kepada peserta didik atau kepada anak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Tukiran Taniredja, M.M dan Yuki Widiasari, S. Sos., MA.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kerjasama; Bermain Bakiak Panjang;
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 14 Dec 2017 01:26
Last Modified: 14 Dec 2017 01:26
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6173

Actions (login required)

View Item View Item