UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DALAM BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KEPAHLAWANAN DAN PATRIOTISME MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS IV SD NEGERI 2 PAGERALANG

RAHMAWATI, IKA SUCI NUR (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DALAM BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KEPAHLAWANAN DAN PATRIOTISME MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DI KELAS IV SD NEGERI 2 PAGERALANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemandirian di SD Negeri 2 Pageralang di kelas IV rendah. Hal tersebut terlihat dari siswa yang hanya mempelajari mata pelajaran IPS di sekolah saja. Siswa dalam mengerjakan tugas dan ulangan masih menggantungkan pada jawaban teman. Pembelajaaran masih menggunakan ceramah dan hafalan, sehingga kurang mengaktifkan siswa. Sehingga kemandirian siswa dalam bertanya juga rendah. Penelitin ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Pageralang tahun ajaran 2012/2013 pada pokok bahasan kepahlawanan dan patriotisme dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Pageralang yang tersdiri dari 24 siswa, yaitu 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 35 menit untuk setiap pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan non tes. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran yang diajarkan, pada setiap siklus maka dilaksanakan tes evaluasi di akhir siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data hasil penelitian dianalisi mengguanakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian pada pembelajaran IPS menunjukan bahwa dalam penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT), dapat meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa. Pada siklus I dan siklus II termasuk kriteria kemandirin belajar tinggi, skor rata-rata kemandirian belajar siklus I adalah 37, dan rata-rata skor siklus II kemandirian belajar 39,88. Pada pelaksanaan tes evaluasi siklus I diperoleh rata-rata kelas 68,96, dengan presentase ketuntasan belajar secara klasikal 79,17%, kemudian meningkat pada siklus II, diperoleh tes evalausi ratarata kelas 76,67, dengan presentase ketuntasan belajar secara klasikal 91,67%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M.,M.Pd, dan Drs. H. Sri Harmianto, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, prestasi belajar IPS, cooperative learning tipe Numbered Heads Together (NHT).
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 14 Dec 2017 00:54
Last Modified: 14 Dec 2017 00:54
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6169

Actions (login required)

View Item View Item