UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN TEKNIK MENCERITAKAN KEMBALI LAPORAN PERJALANAN PADA SISWA KELAS VIII B SMP DIPONEGORO MAJENANG

AMALIA, METI (2010) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN TEKNIK MENCERITAKAN KEMBALI LAPORAN PERJALANAN PADA SISWA KELAS VIII B SMP DIPONEGORO MAJENANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Meti Amalia_JUDUL.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Meti Amalia_BAB I.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Meti Amalia_BAB II.pdf

Download (596kB) | Preview
[img] Text
Meti Amalia_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
Meti Amalia_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
Meti Amalia_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
Meti Amalia_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
Meti Amalia_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara dengan Teknik Menceritakan Kembali Laporan Perjalanan pada siswa kelas VIII B SMP Diponegoro Majenang”. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas berbicara siswa kelas VIII B SMP Diponegoro Majenang melalui teknik menceritakan kembali laporan perjalanan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap pertemuannya beralokasi waktu (2 X 40 menit). Setiap siklus menempuh empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, berupa tes lisan dengan menceritakan kembali laporan perjalanan dan teknik nontes menggunakan teknik observasi yang digunakan untuk mengamati tindakan guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Pada siklus I teks laporan perjalanan yang digunakan sebagai media pembelajaran dengan topik “Perjalanan dari Rumah Menuju Sekolah”. Sedangkan pada siklus II teks laporan perjalanan yang digunakan sebagai media pembelajaran dengan topik bebas. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan melibatkan guru yang bertindak sebagai pengajar dan peneliti sebagai pengamat aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Pada data awal nilai rata-rata mencapai 65, 81 dan yang mencapai batas tuntas belajar 22 siswa atau 59, 46%. Pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 68,11 dan jumlah siswa yang tuntas belajar 27 siswa atau 72, 97%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 70, 72 dan yang mencapai batas tuntas belajar 31 siswa atau 83, 78%. Berdasarkan nilai tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa teknik menceritakan kembali laporan perjalanan dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa SMP Dipenogoro Majenang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Isnaeni Praptanti, M.Pd. dan Dra. Siti Fathonah, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Berbicara, Teknik Menceritakan Kembali
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 13 Dec 2017 04:21
Last Modified: 13 Dec 2017 04:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6159

Actions (login required)

View Item View Item