PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PENYESUAIAN DIRI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS V SD NEGERI 1 PENARUBAN

MUFLIKHATI, MAR ATUN (2012) PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PENYESUAIAN DIRI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS V SD NEGERI 1 PENARUBAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Mar Atun Muflikhati_JUDUL.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mar Atun Muflikhati_BAB I.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mar Atun Muflikhati_BAB II.pdf

Download (766kB) | Preview
[img] Text
Mar Atun Muflikhati_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text
Mar Atun Muflikhati_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)
[img] Text
Mar Atun Muflikhati_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img]
Preview
Text
Mar Atun Muflikhati_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text
Mar Atun Muflikhati_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPA melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) bagi siswa kelas V SD Negeri 1 Penaruban Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Penaruban yang terdiri dari 29 siswa, yaitu 12 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 2x35 menit setiap pertemuannya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian pada pembelajaran menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaraan kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Pada siklus I skor rata-rata motivasi 44,84 dengan kriteria tinggi meningkat pada siklus II menjadi 55,23 dengan kriteria motivasi sangat tinggi.dengan pencapaian presentase 100% siswa mempunyai minimal motivasi tinggi pada siklus I dan siklus II. Prestasi belajar siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,28 dengan tingkat ketuntasan 68,97% menigkat pada siklus II dengan rata-rata 73,62 dengan tingkat ketuntasan belajar 86,21%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Subuh Anggoro, S.Pi., M.Pi. dan Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi Belajar, Kooperatif Tipe NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 13 Dec 2017 04:05
Last Modified: 13 Dec 2017 04:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6157

Actions (login required)

View Item View Item