UPAYA MENINGKATKAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN CONSEPTUAL MULTI MODEL DI SMP N 3 KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

BUDIARTI, KINASIH (2010) UPAYA MENINGKATKAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN CONSEPTUAL MULTI MODEL DI SMP N 3 KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Kinasih Budiarti_JUDUL.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kinasih Budiarti_BAB I.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kinasih Budiarti_BAB II.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text
Kinasih Budiarti_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
Kinasih Budiarti_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text
Kinasih Budiarti_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
Kinasih Budiarti_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
Kinasih Budiarti_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan relasi fungsi dengan menggunakan pembelajaran Conseptual Multi Model (CMM). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP N 3 Kesugihan yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan, dua pertemuan untuk pengembangan materi dan satu pertemuan untuki tes evaluasi. Hasil penelitian menyimpulkan adanya peningkatan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa yang didukung dengan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata–rata 2.00 termasuk kriteria cukup baik, pada siklus II memperoleh rata-rata 2.91 termasuk kriteria sangat baik dan pada siklus III memperoleh rata-rata 3.75. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh jumlah rata-rata 62.00% termasuk kriteria sangat baik, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 72.20% termasuk kriteria sangat baik dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 87.33%. Nilai rata-rata kemampuan penalaran siswa meningkat dari siklus I, II dan III yaitu siklus I sebesar 56.7 termasuk kriteria cukup, siklus II sebesar 67.7 termasuk kriteria sangat baik, dan pada siklus III naik menjadi 89.2 dengan kriteria sangat baik.. Sedangkan nilai rata-rata kemampuan komunikasi juga meningkat dari siklus I, II, dan III yaitu siklus I sebesar 42.8 dengan kriteria cukup, siklus II sebesar 59.5 dengan kriteria cukup, dan siklus III menjadi 90.8 dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan penalaran dan komunikasi siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Joko Purwanto, M.Si. dan Erni Widiyastuti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Penalaran dan Komunikasi, Pembelajaran Conseptual Multi Model(CMM).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:39
Last Modified: 13 Dec 2017 03:39
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6155

Actions (login required)

View Item View Item