PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN TEKNIK BACAAN RUMPANG MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA DI KELAS IV SD NEGERI 4 WANADRI

PRASETYO, BUDI (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN TEKNIK BACAAN RUMPANG MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA DI KELAS IV SD NEGERI 4 WANADRI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Budi Prasetyo_JUDUL.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Budi Prasetyo_BAB I.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Budi Prasetyo_BAB II.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
Budi Prasetyo_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
Budi Prasetyo_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Budi Prasetyo_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img]
Preview
Text
Budi Prasetyo_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
Budi Prasetyo_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik bacaan rumpang dengan media kartu terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang membaca pemahaman. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 4 Wanadri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklusnya meliputi 4 tahap yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Faktor yang diteliti adalah hasil belajar siswa (kognitif, afektif, psikomotorik). Data hasil belajar kognitif diambil dari nilai tes akhir siklus. Data hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar observasi. Dari hasil penelitian, hasil belajar kognitif siswa sebelum tindakan diperoleh nilai tes rerata 59,05 dengan ketuntasan klasikal 43,75%. Pada siklus I, nilai tes rerata 70,62 dengan ketuntasan klasikal 75%. Pada siklus II, nilai tes rerata 80,31 dengan ketuntasan klasikal 87,5%. Hasil belajar afektif pada siklus I, nilai rerata siswa 71,87 pada siklus II, nilai rerata siswa 81,25. Hasil belajar psikomotorik pada siklus I, nilai rerata 75, pada siklus II, nilai rerata 82, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan teknik bacaan rumpang dengan media kartu kata pada pembelajaran Bahasa Indonesia tentang membaca pemahaman dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Wanadri tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ennuh Zainuddin, M.A. dan Drs. Sri Harmianto
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Membaca Pemahaman, Teknik Bacaan Rumpang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:28
Last Modified: 13 Dec 2017 03:28
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6153

Actions (login required)

View Item View Item