PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA KOMPETENSI DASAR PELANGGARAN DAN UPAYA PENEGAKKAN HAM DI KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH BANYUMAS

WIDIYOWORO, NUR ROKHMAN (2014) PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA KOMPETENSI DASAR PELANGGARAN DAN UPAYA PENEGAKKAN HAM DI KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH BANYUMAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Nur Rokhman Widiyoworo_JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nur Rokhman Widiyoworo_BAB I.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nur Rokhman Widiyoworo_BAB II.pdf

Download (764kB) | Preview
[img] Text
Nur Rokhman Widiyoworo_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
Nur Rokhman Widiyoworo_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB)
[img] Text
Nur Rokhman Widiyoworo_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
Nur Rokhman Widiyoworo_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text
Nur Rokhman Widiyoworo_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Partisipasi merupakan suatu tingkat untuk mengetahui peran anggota melibatkan diri dalam kegiatan dan menyumbangkan tenaga dan pikirannya dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran PKn, dimana siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah Banyumas partisipasinya masih rendah hanya 20% atau 5 anak dari 23 siswa hal ini dipengaruhi oleh penggunaan metode yang bersifat konvensional. Untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran dengan menggunkan metode example non example. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi dengan guru mata pelajaran PKn SMP Muhammadiyah Banyumas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus diadakan dua kali pertemuan. Subyek penelitian kelas VII A SMP Muhammadiyah Banyumas. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan study literatur. Analisis data untuk mengukur peningkatan kegiatan siswa menggunakan rata-rata. Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi penerapan metode example non example dapat meningkatkan partipasi siswa dalam pembelajaran. Peningkatan partisispasi pada siklus satu mendapat kriteria cukup denganskor 55% dan pada siklus dua mendapatkan kriteria baik dengan skor 70 %. Adapaun kendala dalam peningkatan partisipasi siswa dengan metode example non example antara lain siswa masih pasif, keadaan kelas gaduh, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi. Adapun upaya untuk mengahadapi kendala tersebut yaitu pemberian motivasi dan arahan kepada siswa untuk aktif, menampilkan media pembelajaran yang bisa membangkitkan semangat siswa. Melengkapi sumber belajar agar membantu siswa dalam pemahaman materi. Dapat disimpulkan dengan penerapan metode example non example dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Ratna Kartikawati, S.H., M.Hum. dan Eko Priyanto, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Siswa, Example non Example
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:15
Last Modified: 13 Dec 2017 03:15
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6151

Actions (login required)

View Item View Item