KEMAMPUAN GURU KELAS DALAM MENGAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BERKESULITAN BELAJAR PADA PROGRAM INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TANJUNG

RAHAYUNI, WIDIAS (2014) KEMAMPUAN GURU KELAS DALAM MENGAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS BERKESULITAN BELAJAR PADA PROGRAM INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TANJUNG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Widias Rahayuni_JUDUL.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Widias Rahayuni_BAB I.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Widias Rahayuni_BAB II.pdf

Download (772kB) | Preview
[img] Text
Widias Rahayuni_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Text
Widias Rahayuni_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text
Widias Rahayuni_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img]
Preview
Text
Widias Rahayuni_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text
Widias Rahayuni_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Seorang guru dituntut untuk memiliki kemampuan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif di kelas. Saat ini pemerintah dengan kebijakan kelas inklusinya menjadikan guru harus mampu melaksanakan pembelajaran bagi ABK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang : (1)kemampuan guru merencanakan pembelajaran bagi ABK (2)kemampuan guru melaksanakan pembelajaran bagi siswa ABK (3)kemampuan guru mengevaluasi hasil belajar siswa ABK (4)kemampuan guru mengelola kelas integrasi. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Obyek penelitian adalah guru integrasi, guru khusus, kepala sekolah SDN 1 Tanjung. Teknik pengumpulan adalah dengancara melakukan observasi, wawancara, dokumen. Hasil penelitian menunjukkan : (1)kemampuan guru merencanakan pembelajaran bagi ABK terdapat dua hasil yang berbeda antara guru kelas integrasi dengan guru kelas khusus penangan ABK, jika guru kelas integrasi menggunakan RPP yang sudah ada dan diterapkan bagi seluruh siswa normal maupun siswa ABK, guru kelas khusus penangan ABK lebih mempersiapkan secara mengkerucut yaitu dengan membuat PPI hanya untuk setiap individu siswa ABK, (2)kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran bagi ABK sudah cukup baik karena menyamakan hak dalam pemberian pelayanan belajar antara siswa normal dengan siswa ABK (3)kemampuan guru mengevaluasi hasil belajar siswa ABKdidasarkan sesuai kemampuan siswa ABK, jadi guru tidak memiliki kriteria khusus sebagai patokan penentu perkembangan siswa ABK, (4)kemampuan guru mengelola kelas integrasi sudah cukup mampu karena terdapat kerja sama yang baik antara guru kelas integrasi dan guru kelas khusus sehingga dapat mengatasi permasalahan yang muncul.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Enuh Zaenudin, M.A. dan Santhy Hawanti, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Guru Kelas Integrasi, Guru Kelas Khusus, ABK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 13 Dec 2017 02:57
Last Modified: 13 Dec 2017 02:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6148

Actions (login required)

View Item View Item