UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL TREFINGER PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN

JAYANTI, PUPUT WENINGTYAS (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL TREFINGER PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Puput Weningtyas Jayanti Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Puput Weningtyas Jayanti BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Puput Weningtyas Jayanti BAB II.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text
Puput Weningtyas Jayanti BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
Puput Weningtyas Jayanti BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Puput Weningtyas Jayanti BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img]
Preview
Text
Puput Weningtyas Jayanti Daftar Pustaka.pdf

Download (564kB) | Preview
[img] Text
Puput Weningtyas Jayanti Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari di sekolah dasar (SD). Melalui pelajaran IPS siswa mempelajari berbagai macam hal yang terkait dengan masalah sosial. Pembelajaran IPS diberikan kepada siswa memiliki tujuan untuk membentuk siswa yang nantinya akan menjadi warga negara yang memiliki kemampuan sosial agar dapat bersosialisasi di masyarakat dan mampu memecahkan berbagai macam masalah sosial yang dihadapi. Di dalam memecahkan masalah-masalah yang nantinya dihadapi siswa harus memiliki kemampuan berpikir, khususnya berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini merupakanPenelitian TindakanKelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran Treffinger. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 yang berjumlah 31 anak. Yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian initerdiridaritiga siklusdimana setiapsiklusterdiridaridua pertemuan. Setiapsiklusmeliputiperencanaan, tindakan, pengamatandanrefleksi. Datakemampuan berpikir kreatif pada aspek kognitifdiperoleh dariujievaluasi yangdilakukanpadasetiap akhirsiklus, dan Datakemampuan berpikir kreatif pada aspek afektifdiperoleh dari angket yang diberikan padasetiap akhirsiklus. Berdasarkanpenelitian tersebut diperoleh nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif darisiklusI,II,III yaitu50,9, 59,7 , dan 66,7. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Treffinger pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD N 3 Teluk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D. dan CicihWiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Berpikir kreatif, model Treffinger dan mata pelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 04 Feb 2017 06:20
Last Modified: 04 Feb 2017 06:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item