ii PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PEMAHAMAN BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 TAMBAKNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

FEBRIANA, RAGIL (2014) ii PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PEMAHAMAN BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 TAMBAKNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Ragil Febriana Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ragil Febriana Bab I.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ragil Febriana Bab II.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text
Ragil Febriana Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] Text
Ragil Febriana Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Ragil Febriana Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img]
Preview
Text
Ragil Febriana Daftar Pustaka.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
Ragil Febriana Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran matematis dan pemahaman bahasa terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Tambaknegara Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Tambaknegara, sedangkan sampelnya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Tambaknegara yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes tertulis. Perhitungan data menggunakan uji normalitas, homogenitas, analisis korelasi dan regresi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifkan antara kemampuan penalaran matematis terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Hal ini dapat dilihat dari perolehan perhitungan rxy =0,665, dan thitung > ttabel atau 5,961 > 1,708 dan dengan persamaan regresi linier sederhana ̂ . Pemahaman bahasa juga berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika dengan hasil rxy = 0,856 dan thitung> ttabel atau 8,262 > 1,708 dan dengan persamaan regresi linier sederana ̂ = 9,867 + 0,949X2. Kemampuan penalaran matematis dan pemahaman bahasa jika dilakukan bersama-sama juga menunjukkan hasil R = 0,850 dan Fhitung > Ftabel atau 31,24 > 3,40 yang artinya signifikan dengan persamaan regresi linier ganda yang diasilkan yaitu ̂ = 9,936 + 0,130X1 + 0,829X2.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Drs. Karma Iswasta Eka,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika, penalaran matematis, dan pemahaman bahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 13 Dec 2017 01:58
Last Modified: 13 Dec 2017 01:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6133

Actions (login required)

View Item View Item