UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS VII C MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE KOMPETENSI DASAR MENGAKTUALISASIKAN KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SECARA BEBAS DAN BERTANGGUNG JAWAB SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH SUMBANG TAHUN AJARAN 2014/2015

ZEIN, NUR HARISAH (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS VII C MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE KOMPETENSI DASAR MENGAKTUALISASIKAN KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SECARA BEBAS DAN BERTANGGUNG JAWAB SEMESTER GENAP SMP MUHAMMADIYAH SUMBANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
NUR HARISAH ZEIN Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR HARISAH ZEIN BAB I.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR HARISAH ZEIN BAB II.pdf

Download (778kB) | Preview
[img] Text
NUR HARISAH ZEIN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
NUR HARISAH ZEIN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img] Text
NUR HARISAH ZEIN BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)
[img]
Preview
Text
NUR HARISAH ZEIN Daftar Pustaka.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
NUR HARISAH ZEIN Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan selama ini lebih cenderung kepada budaya hafalan dan kering akan pengembangan, sehingga peserta didik tidak tertarik pada pembelajaran PKn. Oleh karena itu dibutuhkan koreksi, salah satunya model pembelajaran. Hal ini diwujudkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada kompetensi dasar mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas di SMP Muhammadiyah Sumbang Kabupaten Banyumas tahun ajaran 2014/2015. Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ditunjukan dengan adanya peningkatan hasil belajar dari pre test ke siklus I meningkat 61.12%. Dari hasil siklus I terjadi peningkatan lagi pada siklus II sebesar 27,78%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Banani Ma'mur, M.Si. dan Wildan Nurul Fajar, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar PKn, Think Pair Share
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Danarto Kh
Date Deposited: 04 Feb 2017 06:09
Last Modified: 04 Feb 2017 06:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item