MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IVB MELALUI METODE GALLERY WALK SUBTEMA MANFAAT MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI DI SD NEGERI 2 TINGGARJAYA

PURWANDANI, RISTIA (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IVB MELALUI METODE GALLERY WALK SUBTEMA MANFAAT MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI DI SD NEGERI 2 TINGGARJAYA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Ristia Purwandani_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ristia Purwandani_BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ristia Purwandani_BAB II.pdf

Download (877kB) | Preview
[img] Text
Ristia Purwandani_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text
Ristia Purwandani_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Ristia Purwandani_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img]
Preview
Text
Ristia Purwandani_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text
Ristia Purwandani_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, melalui metode pembelajaran gallery walk pada pembelajaran tematik subtema manfaat makanan sehat dan bergizi di kelas IVB SD Negeri 2 Tinggarjaya. Merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama terdiri dari tiga pertemuan dan siklus kedua terdiri dari dua pertemuan dengan alokasi waktu 6x35 menit untuk setiap pertemuannya, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah Peserta didik kelas IVB SD Negeri 2 Tinggarjaya dengan jumlah 36 siswa yang terdiri dari 18 peserta didik laki-laki dan 19 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode gallery walk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I peningkatan persentase ranah kognitif diperoleh nilai ratarata sebesar 72,70 dengan ketuntasan belajar 75% dan siklus II sebesar 79,75 dengan ketuntasan belajar 91,67%. Peningkatan hasil belajar ranah afektif sebesar 9,71% dari Siklus II sebesar 85,54%. Dan untuk hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I dengan peningkatan persentase sebesar 73,26 % pada siklus II sebesar 83,59%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Gallery walk pada pembelajaran tematik subtema manfaat makanan sehat dan bergizi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas IVB di SD Negeri 2 Tinggarjaya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Harmianto, M.Pd. dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Gallery Walk, Tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 13 Dec 2017 00:58
Last Modified: 13 Dec 2017 00:58
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6118

Actions (login required)

View Item View Item