PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAKELAS VII PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOGA (KONTEKSTUAL BERGAMBAR) DI SMP NEGERI 1 KARANGPUCUNG

NURAENI, DIAN ARI (2013) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAKELAS VII PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOGA (KONTEKSTUAL BERGAMBAR) DI SMP NEGERI 1 KARANGPUCUNG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Dian Ari Nuraeni Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dian Ari Nuraeni Bab I.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dian Ari Nuraeni Bab II.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text
Dian Ari Nuraeni Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[img] Text
Dian Ari Nuraeni Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img] Text
Dian Ari Nuraeni Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img]
Preview
Text
Dian Ari Nuraeni Daftar Pustaka.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
Dian Ari Nuraeni Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA biologi kelas VII menggunakan model pembelajaran koga (kontekstual bergambar), telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangpucung pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Terpilih kelas VII G sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran koga (kontekstual bergambar), dan kelas VII D sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Data hasil penelitian berupa aktivitas motivasi belajar dan nilai hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Person Product Moment (rxy) dilanjutkan uji t dengan taraf kepercayaan 5%. Hasil belajar siswa berupa nilai rata-rata postest pada kelas eksperimen sebesar 85,18, dan pada kelas kontrol sebesar 68,29. Hasil penelitian menunjukan adanya korelasi yang signifikan antara setiap aktivitas motivasi belajar terhadap hasil belajar, dengan tingkat hubungan yang bervariasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada pembelajaran IPA biologi dengan menggunakan model pembelajaran koga (kontekstual bergambar) di SMP Negeri 1 Karangpucung.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd,M.Si. dan drh. Cahyono Purbomartono, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, hasil belajar, IPA Biologi, koga (kontekstual bergambar),
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 13 Dec 2017 00:56
Last Modified: 13 Dec 2017 00:56
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6117

Actions (login required)

View Item View Item