UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN LOMPAT PENGGARIS BIJI PADA ANAK KELOMPOK B RAUDHATUL ATHFAL DIPONEGORO102 DESA KEDUNGWRINGIN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2012-2013

PURWANTI, DESI (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN LOMPAT PENGGARIS BIJI PADA ANAK KELOMPOK B RAUDHATUL ATHFAL DIPONEGORO102 DESA KEDUNGWRINGIN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2012-2013. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Desi Purwanti Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Desi Purwanti Bab I.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Desi Purwanti Bab II.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text
Desi Purwanti Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)
[img] Text
Desi Purwanti Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
Desi Purwanti Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img]
Preview
Text
Desi Purwanti Daftar Pustaka.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text
Desi Purwanti Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada anak kelompok B Raudhatul Athfal Diponegoro 102 yang berkisar 4-6 tahun, gerak dasar lokomotor seperti lompat, anak masih kurang dan mengalami kesulitan untuk melompat menggunakan dua kaki. Hal ini dikarenakan kurangnya minat anak dalam melompat dan metode yang digunakan guru kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak didik kelompok B Raudhatul Athfal Diponegoro 102 Desa Kedungwringin Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2012-2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 27 anak, yang terdiri dari 12 perempuan dan 15 laki-laki. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik kasar melalui metode bermain lompat penggaris biji. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil peningkatan kemampuan motorik kasar anak pada kategori “berkembang sangat baik” pada studi awal menunjukkan frekuensi 4 anak (14,8%), pada siklus I menjadi 10 anak (37,0%), dan pada siklus II menjadi 11 anak (40,7%). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak pada kategori “berkembang sesuai harapan” pada studi awal menunjukkan frekuensi 9 anak (33,3%), pada siklus I menjadi 10 anak (37,0%), dan pada siklus II menjadi 10 anak (37,0%). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak pada kategori “mulai berkembang” pada studi awal 8 anak (29,6%), pada siklus I menjadi 6 anak (22,2%), dan pada siklus II menjadi 5 anak (18,5%). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak pada kategori “belum berkembang pada studi awal 6 anak (22,2%), pada siklus I menjadi 1 anak (3,7%), dan pada siklus II masih 1 anak (3,7%). Keberhasilan peningkatan kemampuan motorik kasar ini terbukti dengan tercapainya keberhasilan pembelajaran yang telah mencapai 77,7%. Persentase ketuntasan pembelajaran yang dicapai ini diperoleh dari jumlah siswa yang telah mencapai kategori berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan. Untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar bagi anak yang belum berkembang dan yang mulai berkembang, maka peneliti dan guru kelas sepakat untuk memberikan pembelajaran khusus dengan metode yang lebih menarik. Ada beberapa metode bermain yang bisa dijadikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar yaitu melalui metode bermain lompat tali, permainan yang sederhana namun dapat mengembangkan motorik kasar. Dan melakukan konsultasi dengan psikolog.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dra.Hj. Zakiyah, M.S.I. dan Melati Ismi Hapsari, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: motorik kasar, metode bermain lompat penggaris biji
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 13 Dec 2017 00:44
Last Modified: 13 Dec 2017 00:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6115

Actions (login required)

View Item View Item