PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN MELALUI METODE DISCOVERY STRATEGY DI KELAS IV SD NEGERI 08 BANTARBOLANG

MUZDALIFAH, ANIS (2013) PENINGKATAN KERJA KERAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN MELALUI METODE DISCOVERY STRATEGY DI KELAS IV SD NEGERI 08 BANTARBOLANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ANIS MUZDALIFAH_PGSD'13.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ANIS MUZDALIFAH_PGSD'13.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ANIS MUZDALIFAH_PGSD'13.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_ANIS MUZDALIFAH_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
BAB IV_ANIS MUZDALIFAH_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] Text
BAB V_ANIS MUZDALIFAH_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ANIS MUZDALIFAH_PGSD'13.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ANIS MUZDALIFAH_PGSD'13.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar IPA materi bagian tubuh tumbuhan dengan metode discovery strategy. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 08 Bantarbolang, dengan jumlah 32 peserta didik yang terdiri dari 20 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar angket kerja keras siswa. Berdasarkan hasil tes individu, prsetasi belajar peserta didik pada siklus ke- 1 diperoleh nilai rata-rata 74,06 dengan ketuntasan belajar 81,25% dan pada siklus ke- 2 nilai rata-rata naik menjadi 85,31 dengan ketuntasan belajar 87,5%. Sedangkan pada hasil kerja keras peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar pada siklus ke- 1 yaitu 69,46 dan nilai rata-rata naik menjadi 85,21 pada siklus ke- 2. Dari hasil kerja keras tersebut terjadi peningkatan kerja keras peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode discovery strategy dapat meningkatkan kerja keras dan prestasi belajar IPA materi bagian tubuh tumbuhan pada siswa kelas IV SD Negeri 08 Bantarbolang pada semester 1 Tahun Ajaran 2012/2013. Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si
Uncontrolled Keywords: kerja keras, prestasi belajar IPA, Metode Discovery Strategy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 04 Feb 2017 04:46
Last Modified: 04 Feb 2017 04:46
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item