PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR TIPE TUTORIAL MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 6 MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP

NUGRAHENI, ESTI (2015) PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR TIPE TUTORIAL MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 6 MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Esti JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Esti BAB I.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Esti BAB II.pdf

Download (864kB) | Preview
[img] Text
Esti BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Esti BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Esti BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img]
Preview
Text
Esti DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text
Esti LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kevalidan sumber belajar tipe tutorial menggunakan Ispring Suite 6 materi bangun ruang sisi datar, 2) respon guru dan respon siswa terhadap penggunaan sumber belajar tipe tutorial dalam proses pembelajaran matematika. Proses pengembangan dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, dimodifikasi. Ada empat tahap pada proses pengembangan yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (dissaminate). Namun penelitian pengembangan sumber belajar tipe tutorial ini dibatasi hingga tahap pengembagan(develop) saja karena tidak bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaannya. Pada penelitian pengembangan ini telah dihasilkan sumber belajar tipe tutorial menggunakan Ispring Suite 6 materi bangun ruang sisi datar dengan kategori ” sangat valid” yang ditunjukkan berdasarkan nilai total rata-rata 4,2 (4.3). Hasil dari respon guru terhadap penggunaan sumber belajar tipe tutorial diperoleh nilai sebesar 96 yang menunjukkan bahwa sumber belajar tersebut sangat membantu dalam proses pembelajaran(4.4). Berdasarkan respon siswa diperoleh persentase respon siswa sebesar 92,7%, sehinga dapat dikatakan penggunaan sumber belajar mendapatkan respon positif dari siswa(4.5).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M.Si. dan Anton Jaelani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar, Tipe Tutorial, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 19 Oct 2016 04:02
Last Modified: 19 Oct 2016 04:02
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item View Item