PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SOKARAJA

BERLIANA, CITA PRASTIKA (2013) PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPA TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SOKARAJA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (764kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (686kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian eksperimen tentang pengaruh kemampuan pemahaman konsep IPA terhadap hasil belajar menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sokaraja dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2012/ 2013. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep IPA terhadap hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, pemilihan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment (rxy) dan uji t untuk mengetahui tingkat signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep IPA yang meliputi kemampuan menemukan, menyebutkan, menganalisis, membedakan, menjelaskan, memaknai, mendiskusikan, mendeskripsikan, menghubungkan dan menyimpulkan menunjukkan adanya korelasi yang signifikan pada semua aktivitas, tetapi tingkat hubungannya bervariasi. Keadaan tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen mencapai 77,82 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 51,06. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep IPA berpengaruh terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sokaraja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd. M.Si., dan drh. Cahyono Purbomartomo, M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: Penelitian eksperimen tentang pengaruh kemampuan pemahaman konsep IPA terhadap hasil belajar menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sokaraja dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2012/ 2013. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep IPA terhadap hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, pemilihan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment (rxy) dan uji t untuk mengetahui tingkat signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep IPA yang meliputi kemampuan menemukan, menyebutkan, menganalisis, membedakan, menjelaskan, memaknai, mendiskusikan, mendeskripsikan, menghubungkan dan menyimpulkan menunjukkan adanya korelasi yang signifikan pada semua aktivitas, tetapi tingkat hubungannya bervariasi. Keadaan tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen mencapai 77,82 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 51,06. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep IPA berpengaruh terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sokaraja.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 11 Dec 2017 04:21
Last Modified: 11 Dec 2017 04:21
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6094

Actions (login required)

View Item View Item