PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS X KEPERAWATAN SMK MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

GUNAWAN, ADI (2015) PERAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS X KEPERAWATAN SMK MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (640kB) | Preview

Abstract

Peserta didik sebagai generasi penerus bangsa tentunya sangat diharapkan menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Pendidikan Pancasila dan Kewaraganegaraan memiliki peranan yang sangat penting sebagai wahana untuk meningkatkan tanggung jawab peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam meningkatkan tanggung jawab peserta didik kelas X keperawatan SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru PPKn, peserta didik dan waka kesiswaan. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi literatur. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berperan untuk meningkatkan tanggung jawab peserta didik kelas X keperawatan SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto, meliputi tanggung jawab terhadap Tuhan, diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan hidup dan Negara. Kendala faktor intern dan faktor ekstern pada pembelajaran PPKn, solusinya mengatasi kendala faktor intern dan ekstern pada pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Tukiran Taniredja, M.M., dan Eko Priyanto, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PPKn, Tanggung Jawab
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 11 Dec 2017 04:13
Last Modified: 11 Dec 2017 04:13
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6093

Actions (login required)

View Item View Item