PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI METODE DEMONSTRASI KELAS IV SD NEGERI 1 GAMBARSARI

FITRIYANA, YULI (2013) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI METODE DEMONSTRASI KELAS IV SD NEGERI 1 GAMBARSARI. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Yuli Fitriyana Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yuli Fitriyana Bab I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yuli Fitriyana Bab II.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text
Yuli Fitriyana Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text
Yuli Fitriyana Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Yuli Fitriyana Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
Yuli Fitriyana Daftar Pustaka.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
Yuli Fitriyana Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPA pokok bahasan gaya melalui metode demonstrasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Gambarsari yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Untuk memperoleh data tanggung jawab siswa yaitu dengan menggunakan angket tanggung jawab IPA, sedangkan untuk memperoleh data prestasi belajar dalam penelitian ini menggunakan lembar evaluasi yang diberikan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian, tanggung jawab siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 81,30 sedangkan untuk prestasi belajarnya diperoleh nilai rata-rata 75,7 dengan ketuntasan belajar sebesar 77,7% . Kemudian hasil penelitian tanggung jawab belajar siswa pada siklus II diperoleh rata-rata 95,25 sedangkan untuk prestasi belajarnya rata-rata diperoleh 89,9 dengan ketuntasan belajar sebesar 88,8%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka,M.Si. dan Drs. Sony Irianto,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab, Prestasi belajar IPA, Metode Demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 11 Dec 2017 03:47
Last Modified: 11 Dec 2017 03:47
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6090

Actions (login required)

View Item View Item