PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 REMBANG PURBALINGGA

RESTIANI, . (2013) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 REMBANG PURBALINGGA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Restiani Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Restiani Bab I.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Restiani Bab II.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
Restiani Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] Text
Restiani Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img] Text
Restiani Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img]
Preview
Text
Restiani Daftar Pustaka.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text
Restiani Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

dengan judul pengaruh aktivitas belajar dalam kegiatan pembelajaran IPA biologi dengan menggunakan model TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Rembang Purbalingga telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar dalam kegiatan pembelajaran IPA biologi dengan menggunakan model TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB (kelas eksperimen) dan VIIC (kelas kontrol) SMP Negeri 4 Rembang Purbalingga dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Product moment (rxy) dan dilanjutkan uji t untuk mengetahui tingkat signifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa yang terkait yaitu mengamati objek biologi, mengerjakan tugas, berpendapat, bertanya, berdiskusi, menjawab pertanyaan, mendeskripsikan, menghubungkan konsep, menjelaskan dan menyimpulkan menunjukan adanya korelasi pada semua aktivitas, namun tingkat hubungannya bervariasi. Keadaan tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 83,82, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,24. Hasil analisis uji korelasi menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara aktivitas belajar IPA biologi dengan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar IPA biologi pada model model TGT (Team Games Tournament) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Rembang Purbalingga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Teguh Julianto, S.Pd. M.Si. dan Drs. Heri Maryanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, cluster random sampling, hasil belajar, IPA biologi, model pembelajaran TGT (Team Games Tournament)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Hardiansyah
Date Deposited: 11 Dec 2017 03:06
Last Modified: 11 Dec 2017 03:06
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/6082

Actions (login required)

View Item View Item